Tawarkan Hadiah Rp 2 Miliar, Microsoft Tantang “Hacker”

|

Share:

DEFCON

KOMPAS.com — Microsoft menantang para hacker untuk mengembangkan pendekatan baru dalam mengupayakan keamanan komputer lewat ajang Blue Hat Prize. Bagi hacker yang memenangkan kompetisi ini, Microsoft berjanji akan memberi hadiah uang tunai sebesar 250.000 dollar AS atau lebih dari Rp 2 miliar.

Berdasarkan keterangan Kate Missouris, pimpinan senior Microsoft’s Trustworthy Computing Group, tujuan dari kompetisi tersebut ialah menyelesaikan masalah security dengan mengeksploitasi upaya mitigasi atau meningkatkan efektivitas dari solusi mitigasi yang ada sekarang.

“Microsoft ingin lebih memotivasi mereka yang ahli dalam keamanan teknologi informasi untuk memikirkan cara mengurangi serangan pada perangkat komputer,” ungkap Missouris seperti dikutip situs TechFlash, Rabu (3/8/2011). Saat ini, Microsoft telah menggunakan beberapa teknologi anti-eksploitasi, seperti DEP, ASLR, dan SEHOP, untuk melawan penyusupan ke komputer tanpa izin.

Missouris mengatakan, Blue Hat Prize adalah penghargaan terbesar yang diberikan dalam teknologi pengamanan komputer. Ia berharap para hacker, peneliti security, dan akademisi ikut serta dalam kompetisi ini dan mengembangkan software yang tahan serangan dalam platform Windows.

“Kami percaya bahwa Blue Hat Prize bisa memotivasi peneliti dan akademisi paling bertalenta untuk menghadapi tantangan dalam masalah security serta menawarkan kesempatan bagi mereka untuk memberi sumbangsih pada dunia,” kata Missouris lagi.

Bagi yang ingin mengikuti kompetisi ini, Microsoft menawarkan dua masalah yang sesuai, yakni space information disclosure dan return-oriented programming (ROP). Meski demikian, kontestan bebas memilih masalah lainnya.

Solusi yang dikembangkan harus memenuhi 5 syarat, di antaranya memiliki CPU dan memory cost tak lebih dari 5 persen, bisa berfungsi di platform Windows, dan dikembangkan dengan Microsoft Windows SDK. Deadline penyerahan adalah 1 April 2012.

Tertarik ikut? Pemenang pertama akan mendapatkan 200.000 dollar AS dan pemenang kedua 50.000 dollar AS. Sementara pemenang ketiga akan mendapat Microsoft Developer Netywork Universal Subscription yang meliputi akses ke Visual Studio dan platform lainnya senilai 10.000 dollar AS. Pemenang aklan mendapatkan hak paten atas karyanya. Namun, Microsoft tak menawarkan royalti apa pun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: