Menjaga Suara


Menjaga Suara Agar Selalu Sehat

Suara yang dimiliki seseorang adalah sesuatu yang unik, sama seperti halnya sidik jari. Untuk itu suara harus dijaga agar tetap sehat dan terbebas dari segala masalah.

Beberapa pekerjaan seperti penyanyi, guru, dokter, perawat, pengacara, orang yang berjualan atau pembicara memiliki tuntutan yang besar pada suaranya. Tapi hal-hal tertentu bisa membuat seseorang rentan mengalami masalah pada suaranya.

Misalnya virus flu, batuk dan pilek bisa menyebabkan terjadinya laringitis yang membuat suara menjadi serak atau abnormal. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa membantu menjaga suara tetap sehat, seperti dikutip dari Lifemojo, Jumat (2/9/2011) yaitu:

1. Mengonsumsi air yang cukup, karena menjaga tubuh tetap terhidrasi akan membuat tenggorokan juga terhidrasi sehingga mencegah terjadinya kekeringan yang memicu iritasi.

2. Bernapas dengan benar, bernapas dari diafragma bisa membantu melindungi suara. Jika seseorang berbicara atau bernyanyi tanpa dukungan napas yang benar maka ia meletakkan beban yang besar pada suara.

3. Jangan berlebihan menggunakan suara, usahakan untuk menghindari kebiasaan berteriak, menjerit atau bersorak. Peningkatan volume suara yang signifikan bisa menyebabkan kerugian pada suara, jika tenggorokan sudah terasa kering, lelah atau suara serak, maka berhentilah berbicara.

4. Melakukan pemanasan terlebih dahulu jika akan banyak berbicara, kebanyakan orang tahu hanya penyanyi yang melakukan pemanasan padahal pengajar atau orang yang berpidato juga butuh pemanasan. Cobalah bersuara dari nada rendah ke tinggi pada suara vokal yang berbeda.

5. Pastikan mendapatkan nutrisi yang tepat, jika akan banyak menggunakan suara maka hindari makanan asin, manis dan pedas, serta hindari alkohol dan kafein karena membuat tubuh memerlukan banyak air untuk memetabolismenya.

6. Jangan merokok, karena rokok bisa menghalangi kemampuan bernapas yang benar dan bisa mengiritasi tenggorokan.

7. Hindari penggunaan obat kumur karena mengandung alkohol dan bahan kimia lain yang bisa mengiritasi tenggorokan. Jika memang harus berkumur, cobalah mengganti dengan larutan garam ketimbang obat kumur.

8. Hindari batuk terlalu keras karena bisa merusak jaringan halus pada lipatan suara. Selain itu berdehem terlalu sering juga menimbulkan gesekan antara udara dan selaput lendir di saluran napas yang meningkatkan dan menyebabkan pembengkakan serta peradangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: